Beranda

Rabu, 05 Agustus 2015

BUDAYA RITUAL KEBO-KEBOAN



Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang berada di ujung timur pulau jawa. Tepatnya di jawa timur. Banyuwangi sangat kaya akan budaya-budayanya salah satu budaya yang akan saya bahas pada blog saya ini adalah budaya ritual kebo-keboan.
Kebo-keboan adalah
salah satu budaya dari banyuwangi yang mana dilakukan pada setiap tanggal 1-10 bulan muharam atau suro (penanggalan jawa) yang bertempat di desa alasmalang di salah satu desa di Banyuwangi . acara ini diadakan bertujuan dengan rasa syukur para petani dengan hasil panen yang melimpah, dan harapan turunnya hujan, tanah yang subur, serta hasil panen yang lebih baik untuk selanjutnya. Ritual kebo-keboan ini dilakukan oleh kaum lelaki dengan bercelana pendek, tubuh yang dilumuri arang, memakai rambut palsu, lonceng dari kayu yang digantungkan di lehernya dan tanduk dikepala layaknya kebo pada umumnya. Mereka tidak terkendali dan kesurupan seperti kerbau, terkadang melenguh, makan rumput, dan sering kali juga mengejar penonton. Kebo-keboan ini pun berkubang di sawah basah, beraksi membajak sawah, serta diarak keliling desa diiringi pawai warga.
Pada saat ketika padi di sebar dan para warga akan berbondong-bondong untuk mengambilnya karena banih padi yang di sebar ini diipercaya akan membawa keberuntungan dan menolak bala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar